komponen program bk

Tujuan dan Manfaat Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling

Menurut Eddy M (Haryati,2003: 13) tujuan penyusunan program bimbingan dan konseling agar guru pembimbing memiliki pedoman, sehingga kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah dapat terlaksana dngan lancar, efktif, dan efisien, serta dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Sejalan dengan itu Pengurus Besar ABKIN (Surur,2004: 38) menyatakan bahwa tujuan penyusunan program bimbingan dan konseling ialah agar guru pembimbing mmiliki pedoman yang pasti dan jelas,sehingga kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah dapat terlaksana dengan lancar, efektif dan efisien, serta hasil-hasilnya dapat dinilai.

Program bimbingan yang trsusun dengan baik akan memberikan banyak keuntungan baik bagi siswa sebagai penerima layanan maupun bagi konselor sekolah sebagai pelaksana layanan. Natawidjaja (Surur, 2004: 39) mengemukakan bahwa keuntungan tersebut adalah :

  1. Memungkinkan para petugas bimbingan menghemat waktu, usaha, biaya dengan mnghindarkan kesalahan-kesalahan dan usaha coba-coba yang tidak menguntungkan.
  2. Mmungkinkan siswa untuk mendapatkan pelayanan bimbingan secara seimbang dan menyeluruh, baik dalam kesempatan ataupun dalam jenis pelayanan bimbingan yang diperlukan.
  3. Memungkinkan setiap petugas mengetahui dan memahami peranannya dan mengetahui bagaimana dan dimana mereka harus melakuakn upaya secara tepat.

Memungkinkan para petugas untuk menghayati pengalaman yang berguna untuk kemajuan sendiri dan untuk kepentingan para siswa yang dibimbingnya.

 

Sumber:

Surur, Naharus.(2004).Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling yang Berorientasi Kecakapan Hidup.Tesis.Bandung: PPS UPI.

Yusuf, Syamsu.(2006).Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Bandung; Pustaka Bani Quraisy.

Yusuf,Syamsu & Nurihsan,Juntika.(2005).Landasan Bimbingan dan Konseling.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Zakiyah,Insania.(2006).Pengembangan Program Bimbingan Kecakapan Personal untuk Siswa SMP.Skripsi.Bandung; PPS UPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *