Struktur Program Bimbingan dan Konseling

07 September of 2013 by

Menurut Muro dan Kottman (1995) bahwa struktur program bimbingan dan konseling komprehensif diklasifikasikan ke dalam empat jenis layanan, yaitu :

  1. Layanan dasar bimbingan, merupakan layanan bantuan bagi peserta didik (siswa) melalui    kegiatan-kegiatan kelas atau di luar kelas, yang disajikan secara sistematis, dalam rangka membantu siswa mengembangkan potensinya secara optimal.
  2. Perencanaan individu (individual planning), merupakan layanan babtuan kepada semua siswa agar mampu membuat dan melaksanakan perencanaan masa depannya, berdasarkan pemahamanakan kekuatan dan kelemahas dirinya.
  3. Layanan responsif (responsive service), merupakan layanan bantuan bagi para siswa yang memiliki kebutuhan atau masalah yang memerlukan bantuan (pertolongan) dengan segera.

Sistem pendukung (system support), adalah kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan memantapkan, memelihara, dan meningkatkan program bimbingan secara menyeluruh melalui pengembangan profesional; hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasehat, masyarakat yang lebih luas, manajemen program; penelitian dan pengembangan (Thomas Ellis, 1990 dalam Yusuf dan Nurihsan, 2006).

 

Sumber:

Surur, Naharus.(2004).Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling yang Berorientasi Kecakapan Hidup.Tesis.Bandung: PPS UPI.

Yusuf, Syamsu.(2006).Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Bandung; Pustaka Bani Quraisy.

Yusuf,Syamsu & Nurihsan,Juntika.(2005).Landasan Bimbingan dan Konseling.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Zakiyah,Insania.(2006).Pengembangan Program Bimbingan Kecakapan Personal untuk Siswa SMP.Skripsi.Bandung; PPS UPI.

pengertian konseling

Previous:

Pengertian / Definisi Program Bimbingan dan Konseling

bimbingan

Next:

Ciri-Ciri Program Bimbingan dan Konseling yang Baik

You may also like

Post a new comment