Parungkuda-20130306-01949

Satuan layanan bimbingan dan konseling-Puzzle Game about Purpose of Life di kelas XII IPA 1

Satuan Layanan untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Memiliki Tujuan Hidup

Satuan layanan bimbingan dan konseling yang satu ini saya laksanakan pada 6 maret 2013. Pertama kali saya laksanakan di kelas XII IPA 1 SMA Insan Cendekia Al Kausar. Setelah itu baru saya laksanakan di kelas lainnya.

 

teknik game satu ini terinspirasi dari satlay yang ibu Tris praktikkan di saat jaman kuliah dahulu kala. hehe.. waktu itu kita sedang ujian mata kuliah praktikum bimbingan dan konseling kelompok.
Secara general, tujuan satuan layanan ini adalah untuk mengungkapkan bahwa dalam menjalani hidup, kita perlu gambaran besar hidup kita, perlu tujuan dan target hidup. Sehingga jelas sekali serpihan-serpihan hidup mana yang harus kita capai sehingga membentuk suatu puzzle utuh kehidupan kita yang sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Alasan yang mendasari perlunya game ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan motivasi anak-anak dari dalam dirinya sendiri. Dengan menyadari pentingnya tujuan hidup untuk dimiliki, anak akan terdorong untuk memiliki tujuan hidup, sehingga dia menentukan sendiri apa yang harus dia lakukan dalam hidupnya. Setiap anak memiliki sumber motivasi yang berbeda, sehingga dengan menyadari pentingnya tujuan hidup, diharapkan akan timbul pertanyaan dalam diri mereka tentang mau dibawa kemana hidup mereka dan apa yang harus mereka lalukan untuk menuju ke harapan mereka. Inilah yang saya pikir bisa jadi bibit motivasi bagi mereka.
Memang menanamkan pentingnya tujuan hidup pada siswa terkesan terlalu filosofis dan agak sulit untuk diterima kognisi mereka, tapi hal ini bukan hal yang tidak mungkin. Tujuan hidup bisa dipahamkan urgensinya sedikit demi sedikit, melalui cara yang mudah dicerna oleh anak-anak.
Tidak lupa, untuk menambah meriah kegiatan dan memotivasi, konselor bisa menyiapkan reward khusus untuk siswa-siswa yang menang pada game ini. Pada satuan layanan kali ini saya menjanjikan seblak bu yuyun buat mereka yang bisa memenangkan gamenya (meskipun kanker langsung melanda saya kala itu..hahhaa.. dan bu yuyun juga turut terseret dalam keriweuhan memasak seblak ini..hahaha  ).

 

Strategi Bimbingan Kelompok dalam Game Puzzle about Purpose of Life

Mengapa saya gunakan strategi bimbingan kelompok dalam game ini? Karena realitanya dalam menjalani hidup, kita tak bisa sendirian untuk survive. Kita perlu dan harus bekerjasama dengan orang lain. Mungkin saja serpihan hidup kita itu ternyata ada di tangan orang lain. Atau mungkin orang lain lah yang akan membimbing kapan dan dimana serpihan hidup kita bisa ditemukan.
Dalam hidup, terdapat deadline-deadline yang menjadi tuntutan, ada waktu yang terbatas untuk digunakan, sehingga saya merefleksikannya dengan memberi batasan waktu bagi anak-anak untuk menyusun serpihan puzzle tersebut.
Awalnya saya ragu apakah anak-anak akan antusias aktif dalam kegiatan ini. Tapi ternyata mereka sangat aktif dan membuat saya terpingkal-pingkal di saat kegiatan berlangsung. Banyak sekali tingkah gokil yang muncul ketika melaksanakan permainan ini dan hal ini menjadi kenangan tersendiri bagi saya.

nah, ini dia dokumentasi puzzle game di kelas XII IPA 1. saya sebenernya hanya iseng memfoto mereka. hanya karena senang 🙂 . tidak ada maksud mau menjadikannya sebagai tulisan. tapi karena rindu pada anak-anak, saya jadi ingin menuliskan foto-foto yang saya punya ini. cekidot guys 🙂

Parungkuda-20130306-01939

siswa di masing-masing kelompoknya bergantian mengambil serpihan puzzle di meja paling depan dan menyusunnya di meja paling belakang

Parungkuda-20130306-01938
karena ada batas waktu, mereka kadang menjatuhkan serpihan puzzle saking diuber waktu.. 🙂

 

Parungkuda-20130306-01940
ikhsan sedang mengambil puzzle sambil berpikir cepat memilih mana serpihan yang sebaiknya didahulukan
Parungkuda-20130306-01941
kelompok ara-dara-ika dan nida.. semangat!

 

Parungkuda-20130306-01948
yup… anggota kelompok nya pusing-pusing menyusun puzzle, dara putri paramedika malah narsis 🙂 hahaha
Parungkuda-20130306-01942
kelompok zaky, abu dna aldys sibuk menyusun puzzle
Parungkuda-20130306-01943
kelompok ikhsan dan aji (satu orang lagi gatau siapa..haha) sepertinya belum menemukan bentuk dasar puzzle mereka
Parungkuda-20130306-01944
sepertinya kelompoknya dara juga kesulitan..hehehe
Parungkuda-20130306-01947
oh ternyata satu lagi tuh rizky..maaf say…hehehe.. susah ya puzzlenya? emang kalian dapet yang paling susah..hehehe
Parungkuda-20130306-01945
sudah terlihat bentuknya, dan hampir setengahnya. kelompok delyna- icha- fahda dan desti unggul sementara
Parungkuda-20130306-01949
sudah lebih dari setengah puzzle tersusun, tapi sepertinya mereka stuck 🙂
Parungkuda-20130306-01946
naah… ini dy kelompok yang paling cepat dan tepat menyusun puzzle nya.. the winner kali ini.. eng ing eng,,,
Parungkuda-20130306-01950
yeeeaah! berhasil buuu.. gapapa ga menang juga, yang perting narsis 🙂 hahaha.
Parungkuda-20130306-01951
“”betewe, yg ini susah ya puzzlenya? kata desty…hahaha

 

dan… kelompok yang menang akhirnya seperti yang dijanjikan akan diberi reward seblak.. inilah foto mereka saat makan seblak di mess ku tanggal 15 maret 2013.. bu yuyun membelakangi kamera..hahaha

botram seblak

botram seblak

 

sebenernya masih banyak kenangan yang hadir dari game ini. terlebih di kelas X. hahaha.. tapi ternyata tanggle juga masukin foto banyak ke satu postingan.. okey.. lanjut ke tulisan berikutnya nanti.. coming soon lah 🙂 hehehhe

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *