konseling

Pengertian Pengukuran, Tes dan Penilaian

Pengukuran

  1. adalah suatu kegiatan untuk mengetahui informasi atau data secara kuantitatif. Pengukuran tidak melibatkan pertimbangan mengenai baik-buruknya, tidak menentukan siapa yang lulus dan tidak lulus.

 

  1. adalah proses umtuk menghasilkan gambaran berupa angka-angka mengenai derajat ciri-ciri khusus yang dimiliki individu. Atau kegiatan untuk memperoleh data atau informasi secara kualitatif.

 

  1. adalah kegiatan untuk memperoleh data atau informasi secara kuantitatif.

 

Assesmen (Penilaian)

adalah kegiatan menentukan nilai suatu objek, seperti baik-buruk, efektif-tidak efektif, berhasil-tidak berhasil, dan semacamnya sesuai dengan kriteria atau tolok ukur yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Persamaannya antara pengukuran dan assesmen adalah keduanya mempunyai pengertian penilaian atau menentukan nilai sesuatu. Sementara perbedaannya terletak pada konteks penggunaannya. Penilaian digunakan dalam konteks yang lebih sempit dan biasanya dilaksanakan secara internal.

 

Evaluasi

  1. adalah suatu kegiatan atau proses untuk menentukan nilai segala sesuatu dalam dunia pendidikan seperti program pendidikan termasuk perencanaan suatu program, substansi pendidikan seperti kurikulum, pengadaan dan peningkatan kemampuan guru, pengelolaan pendidikan, dan lain-lain.

 

  1. adalah proses penilaian yang sistematis mencakup pemberian nilai, atribut, apresiasi, dan pengenalan permasalahan serta pemberian solusi-solusi atas permasalahan yang ditemukan

 

Tes

  1. adalah satu metoda untuk menjaring data berupa perilaku individu yang berlanmgsung dalam suatu situasi yang baku (Sundberg, 1977).

 

  1. adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis untuk mengukur suatu sample tingkah laku.

 

Kata-kata tes, penilian dan pengukuran sering kita dengar. Namun, tahu Anda apa yang membedakan ketiga hal tersebut serta bagaimana kaitannya dalam asessment pendidikan. Jika kita perhatikan kata-kata tes, pengukuran dan penilaian sesungguhnya mempunyai korelasi yang tinggi. Perbedaan tersebut dapat kita lihat dalam definisi sebagai berikut :

  1. Asessment adalah takaran, penilaian, atau menilai seorang individu dengan berpedoman pada berbagai macam sifat yang dimiliki orang tersebut.
  2. Pengertian tes sebagaimana dikutip oleh Suharno dalam Pengantar Testologi (1984, h. 2, 3) :
    1. Tes, bila ditinjau dari segi ilmu bahasa, maka tes artinya adalah mencoba, menguji (SA Muchtar – t.th.h. 158).
    2. Jika ditinjau dari ilmu kedokteran, maka tes berarti pemeriksaan, percobaan, misalnya tentang kecerdasan, bakat dll (Dr. Med. Achmad Ramali, 1953 h.296).
    3. Dra. Amir Daien Indrakusuma (1975, h.27) merumuskan tentang pengertian tes tersebut sebagai berikut : Tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis dan obyektif untuk memperoleh data-data atau keterangan yang diinginkan tentang seseorang dengna cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat.
    4. Webster’s Collegiate (1975, h.425) membuat rumusan tentang tes sebagai berikut : tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelligensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.

Sementara itu Suherman, M.Pd dalam mata kuliahnya evaluasi pendidikan berpendapat bahwa tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis ntuk mengukur suatu sample tingkah laku .

Dari pengertian diatas penulis menyimpulkan bahwa tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis dan obyektif berupa serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur suatu sample tingkah laku (keterampilan, pengetahuan intelligensi, bakat atau kemampuan dll ).

  1. Pengukuran adalah proses untuk menghasilkan gambaran berupa angka-angka mengenai derajat ciri-ciri khusus yang dimiliki individu. Atau dapat dikatkan pula bahwa pengukuran adalah kegiatan untuk memperoleh data atau informasi secara kuantitatif. Contoh tinggi benda tersebut 30 cm.
  2.  Sedangkan penilaian adalah proses yang sistematis dalam pengumpulan, analisis, interpretasi data untuk dapat membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Contoh benda itu jelek.

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas maka jelas bagi kita bahwa tes, pengukuran dan penilaian merupakan sesuatu yang berbeda namun mempunyai korelasi yang tinggi. Itulah beberapa istilah dalam assesmen pendidikan yang sering kita jumpai, semoga dapat memberikan suatu wawasan bagi kita.

Beberapa kesimpulan definisi tes (Azwar, 2007) adalah sebagai berikut

1. tes adalah prosedur sistematis (a. item disusun dengan cara dan aturan tertentu; b. prosedur

administrasi dan scoring harus jelas dan terperinci; c. setiap orang yang dikenai tes harus

mendapat item-item yang sama dan sebanding)

2. tes berisi sampel perilaku (a. sepanjang apapun tes, tes tersebut tidak dapat mencakup

seluruh isi materi; b. kelayakan tes tergantung pada sejauhmana item-item mewakili seluruh

kawasan perilaku yang ingin diukur)

3. tes mengukur perilaku. Item-item dalam tes menghendaki subjek menunjukkan apa yang

diketahui dan apa yang dipelajari dengan cara menjawab item-item atau mengerjakan tugas

yang ada di sana.

Dalam definisi tes ini, ada beberapa hal yang tidak tercakup dalam definisi tes, yaitu

1. definisi tes tidak memberikan spesifikasi format. Berarti tes dapat disusun dalam bentuk

dan tipe apa saja yang sesuai dengan tujuan tes.

2. definisi tes tidak membatasi macam materi yang dapat dicakup.

3. subjek yang dikenai tes tidak selalu perlu tahu dan tidak selalu harus tahu kalau ia sedang dikenai tes. Sering kali pengertian pengukuran dan pengertian tes dipertukarkan. Sebagian ahli menyatakan pengukuran sebagai suatu prosedur khusus yang merupakan bagian dari pengukuran secara keseluruhan. Pengukuran mempunyai ciri pokok, yaitu adanya proses pembandingan. Yang dibandingkan adalah atribut yang diukur dengan alat ukurnya secara deskriptif. Na, karena tes merupakan alat ukur, makanya sering kali dipertukarkan tuh istilah antara pengetesan dan pengukuran. Dalam halnya prestasi belajar, pengertian pengukuran prestasi sama dengan pengertian pengetesan prestasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *