pengertian konseling

Pengertian / Definisi Program Bimbingan dan Konseling

Program bimbingan merupakan suatu panduan dalam melaksanakan tugas-tugas atau kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, sekalipun dalam pelaksanaannya bersifat fleksibel. Pengurus besar IPBI (2001 : 2) mengemukakan bahwa program bimbingan merupakan satuan rencana keseluruhan kegiatan bimbingan dan konseling yang akan dilaksanakan pada periode waktu tertentu, seperti periode bulanan, semesteran, dan tahunan.

Menurut Winkel (2005: 119) yang dimaksud dngan program bimbingan adalah suatu rangkaian kegiatan bimbingan yang terencana, terorganisasi, dan terkoordinasi selama periode tertentu. Dari kedua pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa program bimbingan konseling merupakan sederetan rencana kegiatan yang pada dasarnya telah menggambarkan rencana yang konkret untuk mencapai tujuan.

Dalam program bimbingan yang komprehensif maksud dan tujuan dirumuskan berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan siswa, orang tua dan guru melalui sebuah penelitian yang akurat. Sehingga apa yang dilaksanakan oleh pembimbing bukan merupakan kegiatan yang kebetulan dan tidak disengaja.

 

Sumber:

Surur, Naharus.(2004).Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling yang Berorientasi Kecakapan Hidup.Tesis.Bandung: PPS UPI.

Yusuf, Syamsu.(2006).Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Bandung; Pustaka Bani Quraisy.

Yusuf,Syamsu & Nurihsan,Juntika.(2005).Landasan Bimbingan dan Konseling.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Zakiyah,Insania.(2006).Pengembangan Program Bimbingan Kecakapan Personal untuk Siswa SMP.Skripsi.Bandung; PPS UPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *