Obsesi, Simptom Psychastenia

Obsesi, Simptom Psychastenia

 

Obsesi Simptom Psychastenia yang berikutnya setelah phobia.  Definisi obsessi adalah ide-ide atau emosi yang terus-menerus melekat dalam pikiran dan hati, dan tak mau hilang, sesungguhnya individu yang bersangkutan secara sadar selalu berusaha untuk menghilangkannya.

Penyakit psychastenia sering disertai gejala obsessi ini. biasanya Obsesi Simptom Psychastenia tersebut tidak menyenangkan, tidak rasional, tapi tidak bisa dibendung atau dilenyapkan. Asal mula obsessi tidak diketahui oleh penderita itu sendiri. Merupakan ide ”imperative”/keharusan,yang khas terdapat pada gejala psikoneurosis lainnya.

Obsesi Barang Mahal

Sebab-sebab Obsesi, Simptom Psychastenia

  1. Menurut Freud adalah: Penekanan pengalaman-pengalaman seksual di masa lampau. Ada pengalaman godaan seksual, yang di ikuti oleh agresi seksual.
  2. Timbul konflik di antara kecenderungan untuk melakukan sesuatu perbuatan sebab didorong satu nafsu keinginan, melawan ketakutan yang hebat untuk melakukannya; atau takut akan konsekuensi akibat dari perbuatan tadi. Juga ada konflik khronis di antara elemen-elemen yang tertekan itu.

Treatment: Dengan jalan menemukan mula-sebab pengalaman-pengalaman pahit yang ditekan. Agar supaya diberi jalan adjustment untuk menjabarkan dan menghilangkan konflik-konflik batin tersebut.

 

Obsesi Simptom Psychastenia disusun oleh mahasiswa psikologi pendidikan dan bimbingan berdasarkan studi literatur untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa, mahasiswa juga dibekali dengan bahasan program di artikel Pengembangan Program BK Perkembangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *