Komponen-Komponen Program Bimbingan dan Konseling

07 September of 2013 by

Menurut Winkel:1997: 45 komponen penting dalam sebuah program bimbingan antara lain :

  1. Pengumpulan Data, komponen ini mencakup semua usaha untuk memperoleh data tentang peserta didik, menganalisa dan menafsirkan data serta menyimpan data. Tujuannya ialah untuk mendapatkan pengertian yang lebih luas, lebih lengkap dan lebih mendalam tentang masing-masing peserta didik serta membantu siswa mendapatkan pemahaman akan dirinya sendiri.
  2. Pemberian Informasi dan Orientasi, komponen ini mencakup usaha-usaha untuk membekali siswa dengan pengetahuan serta pemahaman tentang lingkungan hidupnya dan tentang proses perkembangan anak.
  3. Penempatan, komponen ini mencakup segala usaha membantu siswa merencanakan masa depannya selama masih di sekolah dan sesudah tamat. Tujuannya ialah agar siswa menempatkan diri dalam program studi akademik dan lingkup kegiatan non akademik yang menunjang perkembanganya serta semakin merealisasikan rencana masa depannya.
  4. Konseling, komponen ini mencakup usaha-usaha membantu siswa merefleksikan diri melalui wawancara, konseling secara individual dan konseling kelompok lebih-lebih bila siswa menghadapi masalah yang belum dapat terselesaikan secara tuntas.
  5. Konsultasi, komponen ini mencakup semua usaha memberikan asistensi kepada staf pendidik di sekolah dan kepada orang tua untuk perkembangan siswa yang lebih baik.
  6. Evaluasi Program, komponen ini mencakup usaha menilai efisiensi dan efektivitas dari pelayanan bimbingan itu sendiri demiĀ  peningkatan mutu bimbingan.

Sumber:

Surur, Naharus.(2004).Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling yang Berorientasi Kecakapan Hidup.Tesis.Bandung: PPS UPI.

Yusuf, Syamsu.(2006).Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Bandung; Pustaka Bani Quraisy.

Yusuf,Syamsu & Nurihsan,Juntika.(2005).Landasan Bimbingan dan Konseling.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Zakiyah,Insania.(2006).Pengembangan Program Bimbingan Kecakapan Personal untuk Siswa SMP.Skripsi.Bandung; PPS UPI.

skripsi bimbingan & konseling

Previous:

Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling

silabus bimbingan konseling

Next:

Tahap Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling

You may also like

Post a new comment