1

Kecerdasan Anak

Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak biasanya diukur menggunakan tes intelligensi tertentu. Namun, tidak ada tes intelligensi standar yang dapat digunakan pada anak dibawah tiga tahun, karena item tes membutuhkan keterampilan verbal dan jangkauan perhatian, sementara bayi tidak memiliki hal tersebut. Beberapa ahli perkembangan telah mencoba untuk mengukur kecerdasan anak bayi dengan menilai tingkat di mana bayi mencapai tahap perkembangan yang penting. hal ini penting untuk mengetahui anak cerdas atau tidak. Mungkin yang paling dikenal dan paling banyak digunakan tes bayi Bayley Scales of Infant Development. Tes ini, yang dirancang untuk bayi usia 1 bulan sampai 42 bulan, memiliki tiga bagian berikut.

•    Skala motorik yang mengukur kemampuan bayi untuk melakukan hal-hal seperti memegang kubus dan melempar bola.
•    Skala mental, yang meliputi perilaku adaptif seperti meraih objek yang diinginkan, mencari mainan yang tersembunyi, dan mengikuti arah.
•    Skala Peringkat perilaku, sebuang peringkat tentang perilaku anak pada dimensi seperti mengarahkan tujuan, regulasi emosional, dan daya tanggap sosial.

Atas dasar dua nilai pertama, bayi diberi kecerdasan perkembangan (Developmental Quotient/DQ) daripada IQ. DQ ini merangkum seberapa baik atau seberapa buruk pencapaian bayi dibandingkan dengan kelompok norma besar bayi pada usia yang sama.

Perbandingan Pendekatan Intelligensi dalam Mengkaji Kecerdasan Anak

Berikut ini tabel perbandingan pendekatan-pendekatan intelligensi (Sigelman, 2009: 274).

 

  Teori Perkembangan Kognitif Piaget Teori Sosiokultural Vygotskian Pendekatan Pemrosesan informasi Pendekatan Psikometrik
Definisi Struktur Kognitif yang membantu individu untuk beradaptasi Alat dari Kebudayaan Perhatian, memori dan proses mental lainnya. Kemampuan mental dan skor pada Tes IQ
Apa yang berubah seiring dengan usia Tahapan perkembangan kognitif Kemampuan untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan orang lain dan dengan menggunakan ´Inner Speech’ Hardware (kecepatan) dan Software (strategi) dari pikiran Usia mental (kesulitan diselesaikannya masalah)
Apa yang paling diperhatikan Perubahan universal Pengaruh budaya terhadap perubahan dan proses-proses Proses universal Perbedaan Individu

 

Berikut referensi yang dapat dibaca untuk memahami kecerdasan anak :

Santrock, John W. 2007. Perkembangan anak, edisi sebelas. Alih bahasa: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Sigelman, Carol K. dan Elizabeth A. Rider. 2009. Life Span Human Development. Sixth Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning.

 

Banyak Referensi yang dapat dikaji untuk memahami kecerdasan anak. Hal yang wajib bagi konselor untuk mengerti bagaimana kecerdasan anak berkembang, sehingga dapat menyusun bantuan yang mengamodasi perkembangannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *