Parungkuda-20130127-01677

Hari Kedua di Al Kausar Boarding School

sekarang ini saya sedang mengikuti workshop guru al kausar, yang membekali guru dengan keterampilan untuk menggunakan sistem belajar elektronik menggunakan moodle. saya bisa dengan bebas membuka aplikasi lain karena untuk bimbingan dan konseling belum dibuatkan akun kategori tersendiri di moodle. dan saya pun masih sangsi apakah moodle dibutuhkan dalam penyelenggaraan bimbingan dan konseling.

 

karena beberapa semester ini al kausar tidak memiliki konselor sekolah, sehingga layanan bimbingan dan konseling belum terintegrasikan dengan fasilitas e-learning ataupun di website al kausar. hal ini juga berarti kami (saya dan rekan baru saya) sebagai konselor baru di sekolah ini, benar-benar membangun bimbingan dan konseling di sekolah ini dari awal.

 

sudah terbayang secara konseptual blue print dari penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah ini. saya masih perlu melakukan need assesment untuk membuat blue print bimbingan dan konseling, atau mudahnya ya program bimbingan dan konseling. satu hal lagi yang saya perlukan, yaitu buku ‘developing and managing guidance and counseling school program’ yang masih dipinjam oleh adik tingkat. mudah-mudahan segera dipaketkan.

 

hambatan lain yang saya rasakan untuk bekerja disini yaitu masih belum pastinya di kamar mana saya tinggal. pihak sekolah terkesan lamban menangani fasilitas guru baru. sebenarnya sudah ada tempat tinggal sementara untuk kami, tapi tempat tersebut berada di asrama laki-laki dan tentu kami tidak akan betah berada di sana lama-lama.

jadi dari kemarin saya masih pulang pergi sukabumi-parung kuda dan belum bisa berlama-lama di sekolah. hal yang paling saya sukai dan bermakna bagi saya di perjalanan pergi ke al kausar yaitu pemandangan indah gunung gede pangrangio yang bisa saya lihat dengan bebas di sepanjang jalan jalur baru dari lembur situ ke cisaat. dan ini dia gambar yang saya ambil dari atas motor yang melaju cepat melawan angin.

 

3 comments on “Hari Kedua di Al Kausar Boarding School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *