mendidik anak

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN

1.  Faktor Turunan (Warisan)

a.  Bentuk tubuh dan warna kulit. Gen dari orang tua akan memepengaruhi jasmani anaknya dan tidak bisa di ubah oleh teknologi secanggih apapun.

b.  Sifat – sifat. Warisan dari orang tua sama halnya dengan bentuk tubuh dan warna kulit tidak dapat diubah. Tipe manusia berdasarkan sifatnya menurut Edward Sparanger adalah manusia ekonomi, teori, politik, sosial, seni dan agama.

c.  Inteligensi. Yaitu kemampuan umum untuk penyesuaian terhadap situasi atau masalah. Tes Inteligensi yang standar antara lain tes binet-simon, tes Wechsler, tes Army Alpha dan Beta, tes Progressive Matrices

d. Bakat. Yaitu kemampuan khusus yang menonjol diantara berbagai jenis kemampuan yang dimiliki seseorang. Bakat dapat diketahui dari tingkah laku anak atau dengan tes bakat. Bila seorang anak tidak diberi kesempatan untuk melatih bakatnya, maka bakatnya tersebut tidak akan berkembang.

e.  Penyakit atau cacat tubuh.

2. Faktor Lingkungan

a. Keluarga. Berpengaruh terhadap perkembangan rohaniah anak terutama keribadian dan kemajuan pendidikannya.

b.  Sekolah. Menentukan pola pikir serta kepribadian anak

c.  Masyarakat. Turut mempengaruhi perkembangan jiwanya

d. Keadaan alam sekitar. Keadaan alam yang berbeda akan berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir atau kejiwaan anak dan tingkah laku anak

3. Pendapat Para Ahli tentang Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan

a.  Aliran Nativisme, Arthur Scopenhauer berkeyakinan bahwa perkembangan manusia itu ditentukan oleh pembawaannya, sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh.

b.  Aliran Empirisme, Jhon Locke menganggap setiap anak lahir seperti tabula rasa, dalam keadaan kosong, tak punya kemampuan dan bakat apa – apa. Hendak menjadi apa seorang anak kelak bergantung pada pengalaman/lingkungan yang mendidiknya

c.  Aliran Konvergensi. Para penganut ini berkeyakinan bahwa baik factor pembawaan maupun faktor lingkungan memiliki andil sama besar.

Berdasarkan uraian mengenai aliran – aliran doktrin filosofis yang berhubungan dengan proses perkembangan diatas, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas hasil perkembangan terdiri dari :

  1. Faktor Internal, yaitu factor dari diri siswa itu sendiri meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.
  2. Faktor Eksternal, yaitu hal – hal yang datang atau ada diluar diri siswa yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa dengan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *