1508188_10202796559297256_1170052448_n

Belajar bikin Homemade Eggroll

Belajar bikin Homemade Eggroll

 

Belajar bikin Homemade Eggroll tuh kerjaan iseng saya yg ga sengaja akibat terinspirasi pas buka youtube edisi masak memasak. certianya saya lagi iseng nyari resep dan cara bikin cakwe (lagi pengen cakwe), eh ada suggestion dari you tube buat nonton how to make eggroll. berasa itu resep gampang, saya merencanakan membuat masakan yg katanya ala jepang itu.

pertama liat, menurut saya, itu sih telur dadar biasa, yang bedanya cuma digulung aja. cuma yang bikin saya interest itu, cara ngegulungnya plus bahan dadar telor nya itu ditambah susu. sempat berpikir dan meragukan diri, bisakah saya menggulung telur dadar yang gak saya masak dengan menggunakan teflon? nah, itu dia hal lain yang membuat saya ter tarik. sebuah tantangan. saya punya prinsip, tak perlu sarana sempurna untuk bisa melakukan sesuatu. terlebih urusan masak. tinggal modifikasi aja sesuai kreasi kita. namanya juga belajar. masa saya harus maksaain beli teflon dulu, berasa belum penting. 🙂

Belajar bikin Homemade Eggroll : Absurd

hari itupun tiba. hari dimana kebetulan ada susu, meskipun itu susu kental hehehe.. :). saya coba kocok telur ditambah beberapa jenis rajangan sayuran yang saya suka, tapi tetep wajib pakai wortel biar warna dadar telurnya lebih menarik. tak lupa susu kental saya tambahkan, kemudian bumbu lain yang dianggap lumrah. eksekusi bahan pun dimulai. setelah margarin dioleskan di wajan biasa, saya tumpahkan sebagian telur ke dalam wajan panas itu. saya ratakan permukaan agar tidak tebal sebagian. bagian juring lingkaran telor pinggir yang menjadi incaran saya untuk pertama kali digulung, sengaja dipanaskan terlebih dahulu biar lebih cepat matang dengan cara mencondongkan wajan dibagian telur tersebut ke arah api. setelah saya yakin permukaannya matang, saya coba intip sedikit, lalu saya gulung sebagian ke arah telur yang belum matang. dengan hati-hati saya pindahkan telur ke sisi wajan yang lain. harus hati2 karena ada yg belum matang..

Di sisi juring telur yang lain (bagian yg belum digulung) saya tambahkan adonan telur, sisi yang lain yg matang, saya gulung. inilah bagian yang merepotkan. ternyata oh ternyata, telur ditambah susu kental itu sama dengan cepat gosong. sehingga sedemikian rupa ya dadar gulungnya gosong. meski begitu, tetap kuteruskan pekerjaan menggulung2 telur ini. sungguh sulit ternyata melakukannya di wajan. setelah matang, saya coba potong-potong seperti shushi, lalu saya sajikan. saya minta suami saya untuk mencicipinya. komentarnya mengejutkan. suami saya tidak mengatakan bahwa eggroll yang saya buat itu tidak enak, juga tidak mengatakan itu enak. dia hanya bilang “ayah bingung ini enak atau tidak enak, karena ini rasa yang pertama kali ayah rasakan”. hahaha.. sungguh menggelikan buatku waktu itu.

Belajar bikin Homemade Eggroll: Cuma Cantik

kegagalan yang absurd di kali pertama pembuatan eggroll ini, tak menyurutkan semangatku untuk mencoba di kali kedua. kali kedua ini terselenggara akibat saya melihat ada wortel nganggur, merasa sayang karena tak ada bahan lain untuk digunakan menjadikan wortel itu menjadi masakan lain, maka saya membuat eggroll lagi. tapi kali ini tanpa susu kental atau susu lainnya. saya ganti dengan keju. saya masak eggroll nya seperti di session pertama. dan hasilnya, cantik. gak gosong sama sekali. karena mungkin sudah berpengalaman kali ya hehehe. ini dia foto eggroll nya. garnish nya sederhana dan seadanya, namanya juga dadakan dan insidental sih..hehehe..

1508188_10202796559297256_1170052448_n

lalu saya coba serahkan lagi hasil masakan ini kepada suami saya untuk mencicipinya. dan hasilnya mengejutkan juga. suami saya bilang eggroll kali ini asin! hahhahaa… terang saja asin.. saya memasukan banyak keju tetapi masih tetap menggunkan garam seporsi telur dadar biasa! baiklah, suamiku, percobaan kedua gagal lagi..hehehe…tapi lumayan masakannya enak dialiat kan..?

saya coba posting di facebook hasil masakan saya yang hanya cantik untuk sekedar pamer (niatnya udah ga bener). hehehe.. lalu tiba-tiba muncullah notifikasi komentar dari suami saya. dia bilang “asiiin”.. yaelah ayah..plis deeh..kenapa sampe buka kartu sih..udah cantik-cantik gini fotonya..

semoga tulisan ini bisa jadi kenangan buat suamiku di masa depan 🙂 thanks for reading.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *