Lomba Tari Merak Siswa SD

ALPHASESISMIC Al Kausar Boarding School 2013

ALPHASESISMIC Al Kausar Boarding School 2013

Apa sih ALPHASESISMIC? Itu adalah pertanyaan yang pertama kali terdengar ketika banyak murid sibuk mempersiapkan acara tersebut dan ada pula yang menjadikannya sebagai alasan untuk absen/lalai pada suatu hal. ALPHASESISMIC itu kalau di SMA saya dulu, SMAN 1 Sukabumi , adalah semacam bulan prestasi atau saat dimana berbagai lomba digelar oleh siswa dan ada juga pergelaran seni. Acara ini sangat ditunggu oleh semua siswa, dan terkadang menjadi indikator bagi senior siswa al kausar dalam menilai bagus atau tidaknya pengurus osis pada tahun tersebut. Singkatan ALPHASESISMIC sendiri saya sudah lupa sama sekali, kalau tidak salah itu Al Kausar Present Art, Sport, Science, islamic Competition. Intinya semacam itu lah…hehe

Upacara Pembukaan Alphasesismic al kausar boarding school 2013

Upacara Pembukaan Alphasesismic al kausar boarding school 2013

ALPHASESISMIC ini adalah ALPHASESISMIC pertama dan terakhir bagi saya. Sayang sekali saya tidak mengikuti puncak dari acara ini karena bertepatan dengan hari dimana saya mendampingi siswa kelas XII mengikuti acara ITB Day, yaitu semacam open house ITB dan beberapa seminar cara masuk ITB. Namun, meski puncaknya saya tidak menyimak, tetapi pada pembukaan dan persiapan acara puncak, beberapa dokumentasi telah saya buat untuk mengabadikan momen ini.

 

Sambutan Saat Pembukaan

Sambutan Saat Pembukaan

Pembukaan ALPHASESISMIC dilakukan di lapangan upacara al kausar. Seluruh siswa dan guru diwajibkan menghadiri acara ini. Tak lupa ada juga perwakilan kementrian yang membuka secara resmi acara ini. Sayang sekali peserta lomba yang mengikuti acara ini sedikir sekali yang datang, bahkan bisa dihitung jari. Sehingga upacara yang dilakukan terasa terlalu lowong dari segi peserta, sehingga siswa kelas XII yang biasanya pada tahun-tahun sebelumnya tidak diwajibkan ikut acara pembukaan, menjadi harus ikut upacara ini.

Tetinggi al kausar disambut dengan iringan rebana dan salawat dari para siswa yang tergabung dalam eskul marawis. Saya sangat terkesima melihat penampilan mereka. Sungguh, dibalik penampilan mereka yang kekinian, ternyata marawis masih digemari juga. Bahwa salah satu siswa yang tidak kami (saya dan bu vipri guru BK) bayangkan berada di sana. Siswa yang sangat metroseksual sepertinya bisa ikut bergabung di marawis! Sungguh mencengangkan dan mengundang gelak tawa saya saat itu. Saat itulah saya mempunyai niatan untuk mengundang anak-anak marawis ini tampil khusus di resepsi pernikahanku

Marawis Al Kausar

Marawis Al Kausar

Beberapa sambutan diberikan setelah MC dari siswa alkausar mempersilakan dengan menggunakan dua bahasa. Satu hal yang paling konyol dan sangat merusak acara adalah ketika sambutan dari pihak kementrian, ada motor yang membawa dagangan pizza nya lewat di depan podium. Kontas semua orang kaget dan bahkan hal ini jadi penyesalan semua orang. Panitia kurang mengamankan jalannya acara, seharusnya ada blokade khusus menuju podium saat berlangsungnya acara. Kali ini panitia kecolongan dan ini menjadi noda tersendiri bagi panitia saat itu.

Setelah perwakilan kementrian membuka acara, bendera ALPHASESISMIC dikibarkan dari menara flying fox. Sampai acara ini selesai, bendera ini akan terus berkibar. Beberapa prosesi digelar dalam mengibarkan acara ini. Ada paskibra yang menampilkan kepiawaiannya dalam baris-berbaris, ada pula beberapa siswa SMP yang menampilkan keterampilan break dance nya.

Banyak sekali lomba yang digelar saat acara ini. Ada lomba cerdas cermat islam, lomba tari untuk anak SD, lomba basket, futsal dan lain-lain. Sayang sekali tak semua lomba saya dokumentasikan. Padahal saya sangat menikmati lomba futsal dan menontonnya sambil melahap kebab turki yang merupakan jajanan terlaris pada acara ini.

Salah satu lomba lain yang saya simak adalah cerdas cermat islam. Beberapa pertanyaan diajukan oleh MC, lalu kelompok-kelompok peserta lomba berebut untuk menjawab. Saat lomba ini dipandu MC dari siswa SMA, acara ini rasanya membosankan sekali. Sampai-sampai bu vipri menggambarkan suasananya dengan kalimat “bagaikan di kuburan”.  Hanya juri, terutama bu mahani, yang sesekali nampak mencairkan suasana dengan sedikit guyonan. Namun saat murid al kausar yang multi talent, yaitu mufti kholis mengambil alih MC, suasana perlombaan ini berubah menjadi sangat cair dan mengundang gelak tawa penonton. Mufti dengan baik membawakan soal, memanaje ekspresi penonton, dan bahkan terkadang mengajak bercanda peserta. Acara lomba ini menjadi lebih meriah dengan MC sepertinya.

Lomba Tari Merak Siswa SD

Lomba Tari Merak Siswa SD

Lomba yang fotonya masih ada di laptop saya adalah lomba tari merak  siswa SD. Sungguh Kawaiii sekali anak-anak SD ini berbalut baju merak. Cantik-cantik semua. Tariannya juga sangat menghibur. Bukan berarti tarian mereka sangat bagus, bukan. Tapi justru tarian mereka yang dibalut kepolosan dan sedikit-sedikit kesalahan itu yang membuat penonton gemas.

saling membelakangi untuk melatih kekompakan saman dance  tanpa melihat gerakan rekan

saling membelakangi untuk melatih kekompakan saman dance tanpa melihat gerakan rekan

Pada malam terakhir persiapan puncak ALPHASESISMIC, siswa berlatih tarian, musik dan penampilan mereka sebagai perwakilan kelas sampai pukul 9 malam. Saya sempat melihat beberapa siswa berlatih menari tradisional sunda, tari saman dan ada pula yang berlatih musikalisasi puisi. Di saat-saat terakhir latihan malam itu, saya sempat meminjamkan sedikit make-up yang saya punya untuk para penari ini bersolek esok.

Siswa Latihan Tari Tradisional

Siswa Latihan Tari Tradisional

sayang sekali saya harus mengantar anak-anak volkstare (nama angkatan siswa kelas XII) ke ITB day, sehingga tidak dapat melihat penampilan mereka di acara puncak al phasesimic. 🙂 mudah-mudahan tahun ini bisa menghadiri. amin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *